HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Dedi Setiawan, 11144200094
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1725/1/Artikel.pdf
http://repository.upy.ac.id/1725/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo, Kulon Progo tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo, Kulon progo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil sampel sebesar 50 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan presasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo, Kulon progo tahun pelajaran 2016/2017 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,474 dengan p = 0,001 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah keharmonisan keluarga maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan konseling khususnya bimbingan keluarga yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang keharmonisan keluarga dan perkembangan sosial siswa dalam belajar dengan baik sehingga prestasi belajar siswa tercapai lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu meningkatkan kegiatan yang positif pada siswa dan pemenuhan sarana prasarana yang mendukung sehingga dapat meningkatkan semangat dan prestasi belajar yang lebih baik.