IMPLEMENTASI TRILOGI KI HADJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 MERGOWATI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG

Main Author: Wida Catur Wulandari, 13144600272
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1680/1/ARTIKEL%20JURNAL.pdf
http://repository.upy.ac.id/1680/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah di SD N 1 Mergowati Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan komite sekolah di SD Negeri 1 Mergowati, Kedu, Temanggung. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan model Miles Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara ini diterapkan kompetensi profesional kepala sekolah. Dalam hal pelaksanaan, kepala sekolah mengimplementasikannya melalui kegiatan belajar mengajar, manajerial dalam kegiatan upacara dan interaksi dengan warga sekolah, penanaman kedisiplinan, serta menciptakan suasana yang membangun prestasi siswa. Faktor yang mendukung penerapan trilogi ini adalah adanya kebersamaan dan kerjasama antara kepala sekolah dan warga sekolah, keteladanan guru, Sumber daya manusia yaitu guru dan siswa serta pembiasaan/literasi. Hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan trilogi Ki Hadjar Dewantara adalah cara pendidikan di sekolah dan rumah yang berbeda dan kurangnya kerjasama orang tua dan siswa dirumah karena tingkat kepedulian masing-masing orang tua.