UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS VII C MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | Bagas Febrian, 13144300024 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1638/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf http://repository.upy.ac.id/1638/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn siswa kelas VII C Mts Muhammadiyah Kasihan melalui model pembelajaran CIRC tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah – langkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C Mts Muhammadiyah Kasihan berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 63,82 dengan ketuntasan 26,67% meningkat pada siklus I dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 72,43 dengan ketuntasan 46,67% dan meningkat lagi pada siklus II dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 82,00 dengan ketuntasan 93,33%.