PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE MULUR MUNGKRET DI KELAS VI SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL (TINJAUAN TERHADAP KONSEP DAN PEMIKIRAN KI AGENG SURYOMENTARAM)

Main Author: Dita Dwi Saputri, 13144600164
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1634/1/Artikel.pdf
http://repository.upy.ac.id/1634/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bantul tepatnya di SD Negeri Sendangsari Pajangan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas VI SD Negeri Sendangsari Pajangan Bantul Yogyakarta yang menggunakan pemikiran Ki Ageng Suryomentaram. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1)Pemahaman guru mengenai karep siswa saat mulur dengan membuka wawasan siswa untuk menunjang citacita yang lebih tinggi. (2)Pemahaman guru mengenai karep siswa saat mungkret dengan pendekatan secara personal, anak diberi tugas tersendiri atau siswa dicarikan peluang ikut kegiatan yang menunjang mungkret siswa dengan mengetahui batas kemampuan. (3)Penerapan metode mulur mungkret dalam pembelajaran dengan melihat situasi. (4)Dampak dari guru yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode mulur mungkret itu bisa lebih mengerti cara menghargai guru, cara menghargai orangtua dan menghargai orangtua tidak hanya cukup dengan ucapan namun dengan sikap, tindakan, tingkah laku dan bahasa, oleh karena itu siswa akan termotivasi dan mengetahui batas kemampuannya.