PENGARUH TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA
Main Author: | Rohmah Nurhayati, 11144600143 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/155/1/Artikel%20Rohmah%20Nurhayati%20%2811144600143%29.pdf http://repository.upy.ac.id/155/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar Matematika (2) pengaruh tingkat perhatian orang tua terhadap pretasi belajar (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika (4) pegaruh tingkat perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Populasi sebanyak 113 dan sampel 50%. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat perhatian orang tua tinggi, motivasi belajar tinggi, prestasi belajar Matematika sangat tinggi. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Matematika dengan nilai thitung= 2,378; dengan p= 0,021; ttabel= 2,021; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika dengan thitung= 2,686; dengan p= 0,010; ttabel= 2,021; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tingkat perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika dengan harga Fhitung= 8,239 dengan p= 0,001, Ftabel= 3,17 berpengaruh sebesar 23,4%.