HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI SE-GUGUS III KECAMATAN KRETEK BANTULTAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Tri Sunaryati, 13144600031
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1544/1/Artikel.pdf
http://repository.upy.ac.id/1544/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SD se-gugus III Kecamatan Kretek Bantul yang meliputi empat Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian in adalah siswa kelas III SD se-gugus III Kecamatan Kretek Bantul yang berjumlah 114 siswa. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel , yaitu dua variabel bebas (x) berupa tingkat pedidikan (X1) dan perhatian orang tua (X2) serta satu variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Spearman Rank. Dari teknik analisis data yang telah dilakukan diperoleh: Pertama, tingkat pendidikan orang tua diperoleh nilai Mean (M) 2,84. Kedua, perhatian orang tua diperoleh nilai Mean (M) 53,04 yang berada pada kelas interval 45 < X termasuk dalam kategori sedang. Ketiga, prestasi belajar IPS diperoleh Mean (M) 71,62. Keempat, nilai koefisien korelasi bernilai positif dan nilai rhitung < rtabel (0,888 < 1000) hal ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dengan prestasi belajar. Kelima, nilai koefisien korelasi bernilai positif dan nilat rhitung < rtabel (0,989 < 1000) hal ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara dengan prestasi belajar.