EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 1 BAMBANGLIPURO

Main Author: Annisa Miftachul Janah, 13144100100
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1424/1/ARTIKEL.pdf
http://repository.upy.ac.id/1424/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 1 Bambanglipuro tahun ajaran 2016/2017 . Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Bambanglipuro pada Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Bambanglipuro. Sampel penelitian adalah kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes kemapuan pemecahan masalah. Dari hasil uji coba intrumen soal tes kemampuan pemecaha masalah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil akhir penelitian menunjukkan terbukti bahwa model pembelajaran Treffinger lebih efektif digunakan dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 1 Bambanglipuro dibandingka dengan pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis 1 dengan uji-t pada taraf signifikasi 5% diperoleh yang artinya model pembelajaran Treffinger efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengujian hipotesis 2 pada taraf signifikasi 5% diperoleh yang artinya model pembelajaran Treffinger lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.