PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN SOMANTIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) BERBANTUAN BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS III A SDN TIMURAN YOGYAKARTA

Main Author: Kurnia Ramadhan, 13144600058
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1422/1/Artikel%20%28jurnal%29.pdf
http://repository.upy.ac.id/1422/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan SAVI Berbantuan Boneka Tangan pada kelas III A SDN Timuran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian yang terdiri atas dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 18 dan siswa perempuan 12 siswa. Metode Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan tes keterampilan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan rata-rata dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan SAVI berbantuan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III A pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada pelaksanaan pra-siklus, keterampilan berbicara siswa memiliki nilai rata-rata 68,58 dan persentase ketuntasan 33,33%. Pada pelaksanaan siklus I, keterampilan berbicara siswa meningkat dibandingkan pra-siklus yaitu dengan nilai rata-rata 73,4 dan persentase ketuntasan 43,33%. Pada siklus II, keterampilan berbicara siswa meningkat dibandingkan siklus I yaitu dengan nilai rata-rata 80,66 dan persentase ketuntasan 80%.