PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V DI SD N 2 KRAGUMAN JOGONALAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Agung Yogi Nugroho, 09144620189
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1394/1/ARTIKEL.pdf
http://repository.upy.ac.id/1394/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SDN 2 KragumanJogonalanKlaten pada Tahun Ajaran 2016/2017 semester genap dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlahsiswa 32 anak. Prosedur penelitian pada siklus I dan II melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penghitungan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari 53,38 pada pra siklus menjadi 60,6 pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi75,2 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 25,80% yang terdiridari 8 siswa yang tuntasdan 23 siswa yang belumtuntaspada pra siklus menjadi 31,25%terdiridari 10 siswatuntasdan 22 siswatidaktuntas pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi menjadi 81,25%yaitu 26 siswatuntasdan 6 siswatidaktuntas pada siklus II.