PENGARUH PERAN ORANGTUA MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS SINDUHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: Rarastiti Kusuma Nugraheni, 11144600135
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/138/1/Jurnal%20Rarastiti%20Kusuma%20Nugraheni.pdf
http://repository.upy.ac.id/138/
ctrlnum 138
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upy.ac.id/138/</relation><title>PENGARUH PERAN ORANGTUA MOTIVASI BELAJAR DAN&#xD; LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR&#xD; SISWA KELAS III SD SE-GUGUS SINDUHARJO&#xD; SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>Rarastiti Kusuma Nugraheni, 11144600135</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Pola asuh</subject><subject>Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh peran orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Peran orang tua siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 64,91%. (2) Motivasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 82,46%. (3) Lingkungan keluarga siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 78,95%. (4) Prestasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 53,51%. (5) ada pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,111, dengan p = 0,037, ttabel = 1,659, maka thitung&gt; ttabel dan p &lt; 0,05 artinya semakin baik peran orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar, demikian juga sebaliknya semakin rendah peran orang tua maka semakin rendah prestasi belajar. (6) ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,035, dengan p = 0,044, ttabel = 1,659, maka thitung&gt; ttabel dan p &lt; 0,05, artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi prestasi belajar. (7) ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,856, dengan p = 0,005, ttabel = 1,659, maka thitung&gt; ttabel dan p &lt; 0,05, artinya semakin tinggi lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar. (8) ada pengaruh peran orang tua, motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SD se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan diperoleh Fhitung = 8,309, Ftabel = 2,687, dimana Fhitung&gt; Ftabel, p&lt;0,05, artinya semakin baik peran orang tua, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin baik lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar.</description><date>2015-09-18</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.upy.ac.id/138/1/Jurnal%20Rarastiti%20Kusuma%20Nugraheni.pdf</identifier><identifier> Rarastiti Kusuma Nugraheni, 11144600135 (2015) PENGARUH PERAN ORANGTUA MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS SINDUHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta. </identifier><recordID>138</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rarastiti Kusuma Nugraheni, 11144600135
title PENGARUH PERAN ORANGTUA MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS SINDUHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015
publishDate 2015
isbn 11144600135
topic Pendidikan
Pola asuh
Psikologi Pendidikan; inteljensia
motivasi belajar
Pendidikan Dasar
url http://repository.upy.ac.id/138/1/Jurnal%20Rarastiti%20Kusuma%20Nugraheni.pdf
http://repository.upy.ac.id/138/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh peran orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Peran orang tua siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 64,91%. (2) Motivasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 82,46%. (3) Lingkungan keluarga siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 78,95%. (4) Prestasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 53,51%. (5) ada pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,111, dengan p = 0,037, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05 artinya semakin baik peran orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar, demikian juga sebaliknya semakin rendah peran orang tua maka semakin rendah prestasi belajar. (6) ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,035, dengan p = 0,044, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05, artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi prestasi belajar. (7) ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,856, dengan p = 0,005, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05, artinya semakin tinggi lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar. (8) ada pengaruh peran orang tua, motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SD se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan diperoleh Fhitung = 8,309, Ftabel = 2,687, dimana Fhitung> Ftabel, p<0,05, artinya semakin baik peran orang tua, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin baik lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar.
id IOS6762.138
institution Universitas PGRI Yogyakarta
institution_id 183
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta
library_id 588
collection Universitas PGRI Yogyakarta
repository_id 6762
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6762
first_indexed 2020-03-18T12:50:48Z
last_indexed 2020-03-18T12:50:48Z
recordtype dc
_version_ 1678961302600417280
score 17.538404