UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 LENDAH
Main Author: | Joko Prayitno, 11144100066 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1349/1/ARTIKEL.pdf http://repository.upy.ac.id/1349/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan teorema pythagoras melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Lendah tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Desain penelitian mengikuti model Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik triangulasi dan reduksi data, baik deskripsi kualitatif maupun deskripsi kuantitatif dengan menghitung nilai rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Lendah. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) hasil keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) oleh guru sebesar 89,42% (kategori baik) pada siklus I dan sebesar 99,04% (kategori baik) pada siklus II, sedangkan kegiatan belajar siswa sebesar 89,42% (kategori baik) pada siklus I dan 95,19% (kategori baik) pada siklus II. (2) Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 70,22 (kategori cukup) dan pada siklus II sebesar 83,33 (kategori tinggi).