STUDI KOMPARASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS MAHASISWA PADA MATA KULIAH IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNIG (QTL)

Main Authors: Ari Wibowo,M.Pd, Dosen Prodi PGSD UPY, Ahmad Agung Yuwono Putro, M.Pd, Dosen Prodi PGSD UPY
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
dll
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1337/1/jurnal%20agung.pdf
http://repository.upy.ac.id/1337/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan kemampuan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS) dan kreativitas mahasiswa pada matakuliah IPS 1 menggunakan Model pembelajaran CTL dan QTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan obvervasi. Instrumen di validasi oleh ahli dan validitas empiris menggunakan analisis pearson product moment serta analisis reliabilitas alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis diskiprif dan analisis inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan rerata nilai Higher Order Thinking Skill mahasiswa dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,020 < 0,05 maka H0 ditolak pada signifikansi 0,05, thitung yang menunjukkan nilai sebesar 2,375 sedangkan ttabel untuk taraf signifikan 5% dengan DB 72 maka nilai kritis ttabel adalah 1,980, dengan demikian ttabel < thitung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rerata nilai Higher Order Thinking Skill mahasiswa dibuktikan dengan Sig. = 0,482 < 0,05 maka H0 ditolak pada signifikansi 0,05 hitung yang menunjukkan nilai sebesar 0,706 sedangkan t tabel untuk taraf signifikan 5% dengan DB 72 maka nilai kritis t tabel adalah 1,980, dengan demikian ttabel > thitung.