PENERAPAN MODEL TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO SENTOLO TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | Fitri Dwi Astuti, 12144600196 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1317/1/ARTIKEL%20FITRI%20DWI%20ASTUTI.pdf http://repository.upy.ac.id/1317/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart (Wijaya Kusuma, 2010:21) yang terdiri dari 4 putaran yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo sejumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo pada pembelajaran IPS dengan penerapan model tebak kata pada materi kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 69,95 dengan persentase ketuntasan 38,10% (saat pra siklus) menjadi 77,38 dengan persentase ketuntasan 61,90% (saat siklus I) dan meningkat kembali menjadi 88,45 dengan persentase ketuntasan 80,95% (saat siklus II).