UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: Efin Nur Widiastuti, 11144100044
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/125/1/ARTIKEL%20SKRIPSI%20EFIN%20NUR%20WIDIASTUTI.pdf
http://repository.upy.ac.id/125/
Daftar Isi:
  • Motivasi belajar matematika siswa kelas XI-T1 SMK N 1 Kasihan masih kurang, yaitu 49,44%. Rata-rata persentase ini masih jauh dari indikator keberhasilan yaitu kualifikasi tinggi. Hal ini disebabkan antara lain belum ditemukannya pendekatan/metode/teknik pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI-T1 SMK N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran matematika materi pokok barisan dan deret. Usaha pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)dengan langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Setiap siswa dalam tiap-tiap kelompok diberikan nomor. (2) Guru mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap-tiap kelompok yang tertuang dalam Lembar Kegiatan Siswa (LKS). (3) Tiap-tiap kelompok menyatukan kepalanya “Head Together” berdiskusi dan berkerjasama (4) Mempresentasikan hasil diskusi. Berdasarkan hasil analisis angket motivasi belajar matematika siswa dengan persentase sebelum tindakan 49,44% (kualifikasi kurang) menjadi 70,61% pada siklus I (kualifikasi cukup) dan meningkat menjadi 83,06% pada siklus II (kualifikasi tinggi) sehingga motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 33,62%, observasi motivasi belajar matematika siswa 65,20% pada siklus I (kualifikasi cukup) menjadi 79,80% (kualifikasi tinggi) dan keterlaksanaan pembelajaran hasil observasi kegiatan guru 83,34% siklus I menjadi 97,22%.