IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN IDENTITAS BANGSA DALAM KONSTELASI MASYARAKAT GLOBAL (Studi Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal)
Main Author: | Dedy Ari Nugroho, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1244/1/7.%20Dedy%20Ari%20Nugroho.pdf http://repository.upy.ac.id/1244/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal menjadi agenda utama dalam sistem pendidikan nasional. Banyaknya perilaku menyimpang yang ditunjukkan generasi masa kini, dijustifikasi sebagai kemerosotan karakter bangsa. Strategi pendekatan saintifik dalam penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, diharapkan mampu meregenerasi orientasi pendidikan nasional, yaitu bukan hanya berorientasi pada pencapaian nilai (numerik), tetapi lebih kepada nilai luhur karakter bangsa. Strategi pendekatan saintifik, menekankan pada prinsip 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menganalisis, dan mengomunikasikan. Pendekatan saintifik dalam pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, dilakukan dengan aktifitas 5M di dalam proses pembelajaran, yaitu: 1) Melalui kegiatan mengamati, guru membimbing peserta didik mempelajari materi melalui artikel atau tayangan. 2) Melalui kegiatan menanya, guru memberi kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan tentang berbagai hal yg sulit dipahami. 3) Melalui kegiatan mencoba, peserta didik mencatat nilai-nilai yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. 4) Melalui kegiatan menganalisis, peserta didik berdiakusi menentukan nilai-nilai yang dosepakati, kemudian menyimpulkannya. 5) Melalui kegiatan mengomunikasikan, peserta didik mempresentasikan hasil kegiatannya ke depan kelas. Penerapan pendekatan saintifik dalam pendidikan karakter berbasis kearifan lokal akan efektif apabila didukung sinergitas pelaku pendidikan, keluarga, dan masyarakat.