UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN MEJING 2 AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Wisnu Edi Wibowo, 12144600149
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
dll
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1225/1/Artikel.pdf
http://repository.upy.ac.id/1225/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran Outdoor Learning pada siswa kelas III SDN Mejing 2 Ambarketawang Gamping Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan objek penelitian yaitu minat dan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran outdoor learning pada siswa kelas III SD N Mejing 2 tahun ajaran 2016/2017, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SD N Mejing 2 yaitu sebanyak 24 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah outdoor learning. Analisis data menggunakan rata-rata hitung dan persentasi ketuntasan minimal. Berdasarkan analisis data penelitian, jumlah siswa yang berminat pada pra siklus sebanyak 10 siswa dengan persentase minat 41,66%, siklus I sebanyak 18 siswa dengan persentase minat 75% setelah dilaksanakan siklus II, jumlah siswa yang tuntas menjadi 19 siswa dengan persentase minat 79,16%. Prestasi belajar siswa pada saat pra siklus diperoleh hasil nilai rata-rata siswa 67,58 dengan frekuensi tuntas sebanyak 10 siswa sudah mencapai KKM dengan presentase ketuntasan sebanyak 41,66%. Kemudian setelah melaksanakan tindakan pada siklus I meningkat 10,13% diperoleh hasil nilai rata-rata siswa menjadi 74,43 dengan frekuensi tuntas sebanyak 15 siswa sudah mencapai KKM presentase ketuntasan sebanyak 62,5. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 11,58 % nilai rata-rata kelas menjadi 75,41 dengan dengan frekuensi tuntas sebanyak 21 siswa sudah mencapai KKM persentase ketuntasan mencapai 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA