EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SEWON

Main Author: NURUL HIDAYATI, 12144100005
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1200/1/1.%20ARTIKEL.pdf
http://repository.upy.ac.id/1200/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas yang berupa model pembelajaran berbasis masalah dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sewon. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji Independen Sample T Test dan One Sample T Test dengan taraf signifikansi   0,05 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan 7,103 hitung t  dan nilai signifikansi 0,000. (2) model pembelajaran langsung efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan 2, 483 hitung t  dan nilai signfikansi 0,0095. (3) model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai 2, 637 hitung t  dan nilai signifikansi 0,0055 dimana 2, 637 1, 66 hitung t   , sehingga 0 H ditolak pada taraf signifikansi  0,05 yang berarti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibanding model pembelajaran langsung dengan nilai rata-rata kemampuan akhir pemecahan masalah matematika (Posttest) kelas eksperimen sebesar 70,55 dan kelas kontrol sebesar 64,43.