MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE VISUALISASI SOAL CERITA PADA SISWA KELAS V DI SD 3 KADIPIRO NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL
Main Author: | Daniel Hermawan, 12144600015 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1182/1/Artikel%20Daniel%20Hermawan.pdf http://repository.upy.ac.id/1182/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 3 Kadipiro yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 15 siswa putra dan 9 siswa putri. Objek penelitian adalah keterampilan memecahkan matematika matematika. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan perolehan persentase keberhasilan kelas 80% dengan nilai minimal 75 atau berkriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran visualisasi soal cerita dapat meningkatkan kemampuan memecahkan soal cerita matematika siswa kelas V SD 3 Kadipiro. Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditunjukkan oleh hasil tes. Pada prasiklus terdapat 46% (11 siswa) yang berhasil dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil tes pada siklus 1 menunjukkan ada 61% (14 siswa) yang berhasil dari jumlah keseluruhan siswa yang berhasil, sedangkan pada siklus 2 terdapat 83% (20 siswa) yang berhasil dari jumlah keseluruhan siswa. Nilai rata-rata sebelum siklus sebesar 74,42 sedangkan pada akhir siklus 1 nilai rata-rata tes sebesar 77,22 dan pada akhir siklus 2 sebesar 83,375.