UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD N NGENTAKREJO LENDAH KULON PROGO

Main Author: Tri Setyaningsih, 12144600152
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1176/1/ARTIKEL%20TRI%20SETYANINGSIH.pdf
http://repository.upy.ac.id/1176/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter dan prestasi belajar matematika. Sebelum pembelajaran kontekstual dilaksanakan nilai ratarata karakter siswa yaitu 66,43, pada siklus I nilai rata-rata karakter yang diperoleh meningkat menjadi 77,847, pada siklus II mengalami peningkatan lagi sehingga nilai rata-rata karakter yang diperoleh siswa menjadi 89,90. Persentase sswa yang mencapai nilai karakter dalam kategori baik pada pra siklus sebesar 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 63,15%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,94%. Sebelum pembelajaran kontekstual dilaksanakan nilai ratarata ulangan siswa yaitu 66,68, pada siklus I nilai rata-rata ulangan yang diperoleh meningkat menjadi 74,21, pada siklus II mengalami peningkatan lagi sehingga nilai rata-rata ulangan yang diperoleh siswa menjadi 79,73. Persentase sswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebesar 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 73,68%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar siswa.