KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD SONOSEWU SONOPAKIS NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Mohamad Saiful Huda, 12144600044
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1151/1/ARTIKEL%20HUDA.pdf
http://repository.upy.ac.id/1151/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Sonosewu Sonopakis Ngestiharjo Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SD Sonosewu yang berjumlah 47 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Word square lebih efektif ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V, hal ini ditunjukan dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen memiliki rata-rata posttest 76.667, sedangkan kelas kontrol 65.6522. Terdapat perbedaan yang signifikan pada keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Word square dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata uji hipotesis yaitu uji t terhadap prestasi belajar IPA, menunjukan bahwa nilai statistik uji t adalah 3.049 yang lebih besar dari t tabel yaitu 2.021 dengan nilai sig= 0,004 sehingga lebih kecil dari tingkat alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 berati Ho ditolak.