PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Rezcky Kurniawan Lope, 12144400020
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1145/1/Artikel.pdf
http://repository.upy.ac.id/1145/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini ialah (1). Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. (2).Untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa-siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. (3).Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 87 siswa seluruhnya dijadikan subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi bivariat Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1).Untuk variabel motivasi belajar (X) dilihat dari besarnya Mean (M) = 59,06 berada pada kelas interval 57 < X  64 dengan presentase = 66,22% cenderung berada pada kategori sedang. (2). Untuk variabel hasil belajar sejarah (Y) dilihat dari Mean (M) = 74,37 berada pada kelas interval 68 < X ≤ 76 dengan presentase = 54,05% berada pada kategori sedang. (3). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017, dengan diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi rxy = 0,423 dengan p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian semakin tinggi motivasi belajar pada siswa maka semakin tinggi hasil belajar sejarah siswa, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa maka semakin rendah hasil belajar sejarah pada siswa.