KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD SONOSEWU SONOPAKIS NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | Wahyu Kurniawati, UPY |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1119/1/4.%20Artikel%20Wahyu%20Kurniawati%282%29.pdf http://repository.upy.ac.id/1119/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran tipe kooperatif word square dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V di SD Sonosewu Sonopakis Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word square lebih efektif ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V, hal ini ditinjau adri rata-rata nilai posttest kelas experimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas experimen memiliki rata-rata posttest 76.667, sedangkan kelas kontrol 65.6522.Terdapat perbedaan yang signifikan pada keefektifan pengguna model pembelajaran kooperatif tiep word square dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata uji hipotesis yaitu uji t terhadap prestasi belajar IPA, menunjukkan bahwa nilai statistik uji t adalah 3.049 yang lebih besar dari t tabel yaitu 2.021 dengan nilai sig= 0,0004 sehingga lebih kecil dari tingkat alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 brarti Ho ditolak.