IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA DALAM SETING SEKOLAH
Main Author: | Prof. Dr. Buchory MS., M.Pd., Universitas PGRI Yogyakarta |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1062/1/2.pdf http://repository.upy.ac.id/1062/ |
Daftar Isi:
- Sikap dan perilaku anak bangsa ini sejak memasuki era reformasi justru banyka yang menyimpang dan tidak sesuai dengan kepribadian dan karakter serta falsafah bangsa indonesia. Beberapa bukti di antaranya adalah maraknya perilaku perkelahian antar pelajar, perilaku kekerasan merajalela di kalangan masyarakat, tuntutan demokratisasi dengan pemaksaan kehendak, memperjuangkan hak asasi manusia tanpa diimbangi dengan kewajibannya dan perilaku korupsi sudah menjamah hampir di semua lini kehidupan. Permasalahan utama dalam uraian ini adalah 1. bagaimana konsep pendidikan karakter di Indonesia, 2. bagaimanakah implemntasi pendidikan karakter dalm seting sekolah, dan 3. apa sajakah indikator keberhasilan implemntasi pendidikan karkater disekolah? Metode penulisan ini bersifat studi pustaka kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sebagai kesimpulan dari uraian ini adalah: 1. pendidikan karakter merupakan usaha sadar dan sengaja untuk menanamkan berbagai kebiasaan baik kepada peserta didik sehingga mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalm falsafah pancasila, 2. implementasi pendidikan karakter dalam seting sekolah dapat dilakukan dengan sosialisasi, KTSP, kegiatan belajar mengajar, pengembangan budaya sekolah, 3. indikator keberhasilan implementasi pendidikan karakter dalam seting sekolah adalah sikap dan perilaku semua warga sekolah sudah sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang diwujudkan dengan terlaksananya tata tertib sekolah dengan baik.