UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS V DI SD 2 KADIPIRO KASIHAN BANTUL TAHUN 2015/2016

Main Author: Nurhayati, 12144600084
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/1056/1/DOKUMEN%201.pdf
http://repository.upy.ac.id/1056/2/DOKUMEN%20BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/1056/3/DOKUMEN%20BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/1056/4/DOKUMEN%20BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/1056/5/DOKUMEN%20BAB%20V%20dan%20Daftar%20Pustaka%20%2B%20Lampiran%20Penting.pdf
http://repository.upy.ac.id/1056/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas V di SD 2 Kadipiro Kasihan Bantul Tahun 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SD 2 Kadipiro Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 2 Kadipiro, yang terdiri dari 16 siswa putra dan 9 siswa putri. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan tes prestasi berupa evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata dan persentase ketuntasan. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata 34,08,pada siklus I meningkat menjadi 41,44, dan pada siklus II meningkat menjadi 68,96. Sementara presentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu 0%, meningkat di siklus I menjadi 28%, dan pada siklus IImeningkat menjadi 64% dengan KKM mata pelajaran IPS 71.