ANALISIS LANGKAH PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII A DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT
Main Author: | ISTI WULANDARI, 12144100071 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/1021/1/DOKUMEN%20BAB%201.pdf http://repository.upy.ac.id/1021/2/DOKUMEN%20BAB%20II.pdf http://repository.upy.ac.id/1021/3/DOKUMEN%20BAB%20III.pdf http://repository.upy.ac.id/1021/4/DOKUMEN%20BAB%20IV.pdf http://repository.upy.ac.id/1021/5/DOKUMEN%20BAB%20V.pdf http://repository.upy.ac.id/1021/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah pemecahan masalah matematika siswa kelas VII A SMP N 1 Mlati dalam menyelesaikan soal Segitiga dan Segiempat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Mlati tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa 8 butir soal uraian. Jawaban siswa dianalisis langkah menyelesaikan soalnya sesuai dengan langkah Polya, kemudian dikelompokkan berdasarkan langkah pemecahan masalahnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pemecahan masalah matematika siswa banyak yang belum sesuai dengan langkah Polya. Sebagian kecil saja siswa yang sudah melakukan pemecahan masalah sesuai dengan langkah pemecahan masalah Polya dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat. Sebagian besar siswa belum memahami masalah (langkah pertama Polya), hal ini dikarenakan siswa belum dapat memahami konsep atau materi, ada juga siswa yang merasa kurang waktu, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, dan ada siswa yang merasa sudah melakukan langkah pertama Polya (memahami masalah) cukup dengan menggambar bangunnya saja. Ada beberapa siswa yang belum memeriksa jawaban kembali (langkah keempat Polya), hal ini dikarenakan dalam memecahkan masalah siswa belum memahami konsep dan adanya keterbatasan waktu.