PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JASA RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR

Main Authors: Yesinda, Ivon Santa, Murnisari, Retno
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar , 2018
Online Access: http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/436
http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/436/519
Daftar Isi:
  • Puskesmas sebagai salah satu tempat pelayanan kesehatan yang paling penting untuk memberikan fasilitas dan kualitas pelayanan kepada seluruh masyarakat. Puskesmas diharuskan untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang bermutu. Puskesmas berarti harus memberikan fasilitas pelayanan kepada pasien didasarkan pada standart kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat memperoleh kepuasan yang ahkirnya dapat meningkatkan kpercayaan pasien terhadap Puskesmas Kademangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Puskesmas kademangan kabupaten Blitar, (2) penagruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Puskesmas Kademangan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pasien yang berobat di Puskesmas Kademangan Kabupaten Blitar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil uji f pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pasien. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara parsial pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pasien. Dilihat dari hasil analisis koefisien determinasi yang didapat nilai R Square sebesar 0,810 atau 81,0% variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh variabel Fasilitas dan Kualitas Pelayanan, sedangkan 19% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.   Kata Kunci: Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pasien