PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SMAN 1 TULUNGAGUNG

Main Author: Caksana, Naga Pandu Eka
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar , 1970
Online Access: http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/412
http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/412/505
Daftar Isi:
  • Sekolah merupakan suatu lembaga yang teroganisir dan dijalankan untuk memberikan pelayanan dalam bidang pendidikan, dalam sebuah sekolah terdapat organisasi yang dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kinerja guru adalah kunci sukses majunya sebuah lembaga pendidikan. Kinerja guru sebagai etalase guru dalam menjalankan fungsinya di kelas dan tugas manajemen di sekolah. Mengingat pentingnya kinerja guru agar dapat mencapai tujuan pendidikan secara optimal, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada SMAN 1 Tulungagung”. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengatahui pengaruh langsung dan tidak langsung Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di SMAN 1 Tulungagung dengan Motivasi Kerja sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data ini menggunakan angket yang berisi kuesioner yang disebar kepada guru di SMAN 1 Tulungagung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur/path Analysis, Model analisis jalur digunakan untuk menganalisis pola hubungan antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung. Hasil analisis data adalah Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja menghasilkan nilai koefisien beta sebesar 0,455 dengan sumbangan pengaruh langsung sebesar 0,225 dan tidak langsung sebesar 0,230, Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja menghasilkan nilai koefisien beta sebesar 0,495 dengan sumbangan pengaruh langsung sebesar 0,236 dan tidak langsung sebesar 0,259. Dari hasil analisis data telah dibuktikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif tersebut dapat disusun kesimpulan secara terintegrasi bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Tulungagung, dan secara tidak langsung melalui motivasi kerja.   Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kinerja, Lingkungan kerja, Motivasi, Guru