Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tangerang Selatan
Main Author: | Nurhayati, Yetti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://pusdiklattekniskemenag.e-journal.id/andragogi/article/view/26 https://pusdiklattekniskemenag.e-journal.id/andragogi/article/view/26/22 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di MIN 2 Tangerang Selatan . Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian Penguatan Pendidikan Karakter terdapat empat poin, yaitu: (1) Kurikulum yang digunakan MIN 2 Tangerang Selatan adalah Kurikulum 2013 dan Kurikulum khusus MIN 2 Tangerang Selatan, yaitu Tahfizh, kelas 1-3 juz ke-30 (juz Amma) dan Kelas 4 – 6 Surat Al Baqoroh; (2) Hidden Curriculum MIN 2 Tangerang Selatan meliputi upacara dan tausyiah, metode pemahaman Quran Tamyiz, Inspiration Day, hafalan surat-surat pilihan, serta senam santri dan Jumat bersih; (3) Ada muatan pendidikan karakter dalam bahan ajar, media pembelajaran, dan Rencana Program Pembelajaran (RPP); (4) Keteladanan dan pembiasaan mulai dari kedatangan sampai kelas berakhir, berjalan baik untuk pendidik (guru) maupun anak-anak (peserta didik). Program-program pembentukan penguatan pendidikan karakter di MIN 2 Tangerang Selatan berjalan dengan baik karena adanya komitmen yang kuat dan pemantauan oleh Kepala Madrasah dan diikuti seluruh warga madrasah.