MURAL SEBAGAI MEDIA BRANDING TAMAN SATWA TARU JURUG

Main Author: Sukirno, S.,
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Seni Indoensia Surakarta , 2018
Online Access: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/brikolase/article/view/2110
https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/brikolase/article/view/2110/1984
Daftar Isi:
  • Objek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) merupakan salah satu tempat wisata dengan konsep wisata alam yang menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Surakarta. Sebagai penyumbang PAD terbesar dari sector pariwisata, Taman Satwa Taru Jurug mempunyai banyak persoalan. Jumlah pengunjung TSTJ dari tahun 2003 mengalami penurunan. Kondisi fisik dan fasilitas yang tidak terawatt merupakan salah satu penyebab menurunnya jumlah wisatawan. Oleh karena itu penting kiranya melakukan PPM yang mengangkat citra TSTJ menjadi taman wisata yang bersih, yaitu dengan membuat mural di tempat-tempat yang terbengkalai agar tidak terkesan kumuh.Studi pendahuluan dalam PPM ini dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui observasi lapangan, studi pustaka/ dokumen dan wawancara kepada pihak terkait. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode SWOT.Hasil dari analisis tersebut yang menjadi dasar program kegiatan dalam PPM ini, yaitu mural sebagai media branding Taman Satwa Taru Jurug”. Kata kunci: TSTJ, SWOT, Mural