ANALISIS BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK MOTOR PIAGGIO VESPA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT META DWIGUNA TRANSCORP
Main Authors: | Rahayu, Eswanto Sugeng, Fathonah, Feni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta
, 2017
|
Online Access: |
http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jmk/article/view/19 http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jmk/article/view/19/17 |
Daftar Isi:
- Brand Image dan Kualitas Produk menjadi faktor yang penting dalam menentukan minat beli dan dampaknya pada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen. 2). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen. 3). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. 4). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. 5). Untuk mengetahui pengaruh minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 6). Untuk mengetahui pengaruh brand image melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 7). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan PT Meta Dwiguna Transcorp dengan jumlah sampel yang dihitung dengan rumus rumus Lemeshow sehingga didapatkan sebanyak 100 orang. Data yang sudah ditabulasikan diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji analisis data menggunakan uji regresi dan analisis jalur untuk menentukan pengaruh langsung dan tidak langsung.Hasil analisis dan pembahasan menghasilkan persamaan analisis jalur sebagai berikut : Y = 0.356X1 + 0.410X2 + 0.796 dan Z= 0.331X1 + 0.192X2 + 0.233Y + 0,807 Kesimpulan yang diperoleh yaitu : brand image berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara brand image terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Minat beli konsumen dapat dikatakan sebagai intervening karena memberikan nilai positif yang dapat menguatkan variable brand image dan loyalitas pelanggan. Brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen sebesar 8,3%, Variable kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen yaitu sebesar 9,6%, Kata kunci : Brand Image, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Loyalitas Pelanggan