PENGARUH KEPUASAN NASABAH DAN MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT ASURANSI JIWA MANULIFE INDONESIA
Main Authors: | Annisa, Ayu, Rasipan, Rasipan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
, 2016
|
Online Access: |
http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw/article/view/36 http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw/article/view/36/34 |
Daftar Isi:
- Keputusan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh veriabel kepuasan nasabah dan media iklan. Sejalan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari variabel kepuasan nasabah dan media iklan terhadap keputusan konsumen.Penelitian ini dilakukan pada PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang menggunakan asuransi. Sedangkan waktu penelitian yang dijadwalkan hingga rampung hasil penelitian ini diperkirakan kurang lebih tiga bulan dimulain dari bulan November 2015 sampai dengan bulan Januari tahun 2016. Populasi yang diambil adalah jumlah dari pengguna PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) tahun 2015 yakni sebesar 20.966. dimana dengan menggunakan slovin dengan didapat 100 konsumen.Pada uji kebaikan model menujukkan variabel pada penelitian ini dikatakan mendekati baik dengan dilihat Kisarannilai R adalah 0 hingga 1. Semakinnilai R mendekatiangka 1, makasemakinkuatvariabel-variabelbebasmemprediksikanvariabelterikat.Namun, ketepatannilai R inilebihdisempurnakanolehkolom Adjusted R Square yang merupakankoreksiatasnilai R, nilai R = 0.349 artinya mendekati satu dan dapat dikatakan baik serta signifikan. Selanjutnya diliat dari tabel anova untuk mengetahui secara keseluruhan variabel penelitian untuk peningkatan keputusan konsumen pada penggunaan jasa asuransi pada Manulife.persamaan regresi yang terbentuk dari hasil tersebut adalah :Y = 1.435 + 0,347 X1 + 0,588 X2.Adapun uji hipotesis menggunakan uji t dengan hasil variabel kepuasan konsumenterhadap keputusan konsumen diperoleh nilai sig. 0.004< 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel media iklanterhadap keputusan konsumen diperoleh nilai sig. 0.000< 0,05sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Key words:Kepuasan Nasabah, Media Iklan, Dan Keputusan Pembelian Konsumen