TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI MEDIA ONLINE DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (Studi pada Situs Jual Beli Online Tokopedia dan Shopee)

Main Author: Nur, Isnayati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam , 2019
Online Access: http://journal.stebisdarussalamoki.ac.id/index.php/khozana/article/view/37
http://journal.stebisdarussalamoki.ac.id/index.php/khozana/article/view/37/42
Daftar Isi:
  • Abstract The development of communication technology also contributed to change human life without the exception of economic activity. Trading transactions are economic activities which can’t be avoided by someone in order to fulfill their needs. Firstly, trading transactions that developed in the society were carried out in a conventional manner that the seller and buyer had to meet each other. Technological advancements have made trading transactions developed so that trading can be done online with Internet as the media. The purpose of this study is to see know the mechanism of online trading transactions on online trading sites of Tokopedia and Shopee in Islamic economic’s perspective. The type of this study is qualitative research with a comparative descriptive approach and normative approach. The type of data in this study consists of primary data and secondary data. Data collection techniques using literature techniques. The results of this study are that online trading transactions carried out by Tokopedia and Shopee are in accordance with Islamic economics both in terms of principle and conformity of the contract. The contract of trading online adopts a salam contract and purchase contract where the goods purchased will be sent after the payment. Then in the pillars of contract’s aspect has also fulfilled the pillars of trading in Islam. In addition, the practice of trading online also refers to five Islamic economic principles, namely the principle of Tawheed, morality, balance, individual freedom and justice.   Keyword: Tokopedia, Shopee, Salam
  • Abstrak Perkembangan teknologi komunikasi turut merubah kehidupan manusia tanpa terkecuali aktivitas ekonomi. Transaksi jual beli merupakan aktivitas ekonomi yang tidak dapat dihindari oleh seseorang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Pada mulanya, transaksi jual beli yang berkembang di masyarakat dilakukan secara konvensional dimana penjual dan pembeli harus bertemu secara langsung. Kemajuan teknologi menjadikan transaksi jual beli ikut berkembang sehingga jual beli dapat dilakukan secara online dengan bantuan media Internet. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana mekanisme transaksi jual beli online pada situs jual beli online Tokopedia dan Shopee dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif  komparatif dan pendekatan normatif. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa transaksi jual beli online yang dijalankan oleh Tokopedia dan Shopee sesuai dengan ekonomi Islam baik dari segi prinsip dan kesesuaian akadnya. Akad pada jual beli onlinemengadopsi akad jual beli salam dimana barang yang dibeli akan dikirimkan beberapa saat setelah pembayaran dilakukan. Kemudian dari segi rukun akad juga telah memenuhi rukun jual beli dalam Islam. Selain itu praktik jual beli onlinejuga sudah mengacu pada lima prinsip ekonomi Islam yaitu prinsip Tauhid, akhlak, keseimbangan, kebebasan individu dan keadilan.   Kata Kunci: Tokopedia, Shopee, Salam