ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR IPA, ASAL SEKOLAH DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN VARIABEL MODERASI PERSPEKTIF BOARDING SCHOOL

Main Author: Dalila, Halifatud
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.wiraraja.ac.id/871/1/Halifatud%20Dalila%20714.7.1.0230.pdf
http://repository.wiraraja.ac.id/871/
Daftar Isi:
  • Keberadaan boarding school diharapkan mampu memberikan solusi terjadinya degradasi moral pada anak usia SMP. Efektivitas pendidikan yang diharapkan orang tua meliputi pendidikan umum dan agama. Sekolah yang menerapkan boarding school adalah MTs Nurul Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar IPA, asal sekolah dan hasil belajar IPA. Metode penelitian menggunakan teknik analisis data struktural equation modeling (SEM). Hasil penelitian data diperoleh sebagai berikut: 1) Tidak terdapat hubungan asal sekolah dengan motivasi belajar IPA. Siswa MTs Nurul Islam memiliki motivasi belajar IPA yang sama. 2) Terdapat hubungan asal sekolah dengan hasil belajar IPA. Siswa SD memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3) Terdapat hubungan motivasi belajar IPA dengan hasil belajar IPA. 4) perspektif boarding school bukan variabel moderasi, artinya keberadaan boarding school tidak dapat memperlemah atau memperkuat hubungan motivasi belajar IPA dengan hasil belajar IPA, karena relasi siswa yang bagus dan stimulus yang diberikan oeh guru sama sehingga respon yang didapatkan siswa juga sama. Kata kunci: Motivasi belajar IPA, hasil belajar IPA, asal sekolah, SEM