MULTIPLE SEM DALAM PERSPEKTIF KELAS UNGGULAN UNTUK MENGANALISIS HUBUNGAN KINERJA GURU IPA, MOTIVASI BELAJAR IPA, DAN HASIL BELAJAR IPA SMPN 2 SARONGGI

Main Author: Indiarto, Denni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.wiraraja.ac.id/863/1/Denni%20Indiarto%20715.7.1.029012.pdf
http://repository.wiraraja.ac.id/863/
Daftar Isi:
  • Peran guru dalam pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru IPA, motivasi belajar IPA, dan hasil belajar IPA dalam perspektif kelas unggulan di kelas VIII SMPN 2 Saronggi. Metode pada penelitian ini yaitu analisis SEMSmart PLS03 dan mengetahuai perbedaan hubungan variabel dari dua kelompok menggunakan analisis SEM dengan multiple group. Pada penelitian ini diperoleh hasil: 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru IPA dengan motivasi belajar IPA, karena Pvalue>0,05 yaitu 0,329, 2) terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar IPA dengan hasil belajar IPA, karena P-value (0,003)<0,05, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru IPA dengan hasil belajar IPA, karena P-value (0,000)<0,05, 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hubungan kinerja guru IPA terhadap hasil belajar IPA antara kelas unggulan denga kelas reguler, karena nilai t-hitung dari data nilai standar error dan koefisien jalur (-0,182)<t-tabel Kesimpulannya yaitu secara keseluruhan terdapat hubungan yang signifikan antar variabel kecuali hubungan kinerja guru IPA dengan motivasi belajar IPA dan tidak terdapat perbedaan hubungan kinerja guru IPA dengan hasil belajara IPA antara kelas unggulan dan kelas reguler. Kata kunci: kinerja, motivasi, hasil belajar IPA