IMPLEMENTASI MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN MLM (MULTY LEVEL MARKETING) MILAGROS DI SUMENEP (Studi Pada Stokis Milagros Sumenep)

Main Author: Fajar, Moh. Helmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.wiraraja.ac.id/240/1/HELMI.pdf
http://repository.wiraraja.ac.id/240/
Daftar Isi:
  • Modal sosial merupakan suatu pendekatan dengan masyarakat untuk membangun sebuah kepercayaan, norma sosial, dan juga jaringan. Modal sosial sangat erat kaitannya dengan ekonomi, terutama dalam strategi pemasaran MLM (Multy Level Marketing). Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana modal sosial yang diterapkan dalam strategi pemasaran MLM (Multy Level Marketing) Milagros, dan juga bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan dalam meyakinkan masyarakat terkait manfaat produk dan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan terhadap Stokis Milagros di Sumenep, lebih tepatnya di Desa Baban, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. Menggunakan penelitan kualitatif dengan data subjek. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial yang diterapkan dalam strategi pemasaran MLM (Multy Level Marketing) Milagros yaitu dengan melakukan pendekatan dan pengenalan terhadap manfaat dan khasiat milagros kepada masyarakat serta mempresentasikan sistem jaringan dan teknis pengelolaan jaringan yang cepat dan tepat dalam mengembangkan bonus. Berdasarkan jawaban dari informan, peneliti dapat mengetahui bahwa strategi pemasaran yang dilakukan dan modal sosial yang diterapkan memikili persamaan yang dalam dunia bisnis dikenal dengan istilah ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kata Kunci : Modal Sosial, Strategi Pemasaran, MLM (Multy Level Marketing).