Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Inkuiri Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTs Sayyid Yusuf Talango
Main Author: | Prawitasari, Kuku Inda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wiraraja.ac.id/1079/1/Kuku%20Inda%20Prawitasari%20712.7.1.0173.Image.Marked.pdf http://repository.wiraraja.ac.id/1079/ |
Daftar Isi:
- Bahan ajar diperlukan untuk menunjang pembelajaran IPA dalam meningkatkan berpikir kritis siswa MTs. Salah satu alternatif melalui pengembangan petunjuk praktikum berbasis inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan petunjuk praktikum berbasis inkuiri; (2) keterlaksanaan pembelajaran; (3) berpikir kritis siswa; dan (4) respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sayyid Yusuf Talango kelas VII sebanyak 31 siswa, jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Sugiyono. Teknik analisis data pada: (1) kelayakan petunjuk praktikum diperoleh menggunakan persentase keidealan petunjuk praktikum berbasis inkuiri dan hasil angket respon siswa; (2) keterlaksanaan pembelajaran diperoleh menggunakan persentase keterlaksanaan; sedangkan (3) untuk berpikir kritis diperoleh menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) kelayakan petunjuk praktikum berbasis sebesar 87,5% termasuk dalam kategori layak untuk digunakan; (2) keterlaksanaan pembelajaran yang dihasilkan sebesar 92,5% termasuk dalam kategori sangat baik; (3) hasil uji t sampel berpasangan sebesar 0.000 menyatakan ada perbedaan berpikir kritis siswa; (4) Respon siswa sebesar 96,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Inkuiri, petunjuk praktikum, berpikir kritis.