Efektivitas Penggunaan Maple Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear II Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros

Main Authors: Rahmawati, Rahmawati, Khaerani, Khaerani
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros , 2019
Online Access: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/200
https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/200/111
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aljabar linera II dengan dan tanpa menggunakan Maple dalam pembelajaran, dan efektivitas penggunaan Maple dalam terhadap hasil belajar aljabar linear II . Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 pada mahasiswa jurusan pendidikan matematika semester IV dan VI yang berjumlah 44 orang.  Penitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Maple dalam meningkatkan hasil belajar aljabar linear II lebih efektif dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional.