PENERAPAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRA’AH) PADA KELAS II MA PLUS NURUL ISLAM SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Nurman, Muhammad, Ma’rif, Jaenatul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Mataram , 2018
Online Access: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/476
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/476/215
Daftar Isi:
  • Penelitian ini difokuskan pada kajian terhadap Penerapan StrategiDRA (Directed Reading Activity) Dalam Pengajaran Membaca (Qira’ah) diMA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram. Hambatan yang dihadapidalam Penerapan Strategi DRA (Directed Reading Activity) dan solusi yangdilakukan guru bahasa Arab dalam menghadapi hambatan pada PenerapanStrategi DRA (Directed Reading Activity) di kelas II. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitianini dilaksanakan di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram denganmelibatkan komponen yang ada di dalam Madrasah tersebut sebagai sumberdata atau subjek penelitiannya. Adapun metode yang peneliti pakai dalampenelitian ini untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, metodewawancara dan metode dokumentasi.Berdasarkan data temuan di lapangan, peneliti dapat simpulkan bahwadalam Proses penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dalampengajaran membaca (Qira’ah) dapat digolongkan sebagai bagian darimembaca keras ( ةيرهجلا ةءارقلا ), membaca dalam hati ( ةته اصلا ةءارقلا ) danmembaca analitis ( ةيللحتلا ةءارقلا ). Oleh karena strategi itu menuntut siswamemperoleh kemampuan pemahaman terhadap teks membaca yang jelasmelalui langkah-langkah pembelajaran yang sistematis, mulai dari membacadalam hati atau bersuara sampai pada membuat kesimpulan berdasarkanbacaan yang diberikan dengan menghubungkan berbagai pengetahuan yangtelah dipunyai siswa sebelumnya maupun sesudah membaca. Penerapanstrategi DRA (Directed Reading Activity) dalam pengajaran membaca(Qira’ah) pada kelas II MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataramterdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi guru kelas II MAPlus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram juga melakukan beberapa upayauntuk mengatasi kendala-kendala tersebut, agar pengajaran bahasa Arab dikelas II MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram dapat berjalan cukupoptimal, salah satunya yaitu dengan membentuk kelompok belajar dan tugassiswa serta memberikan motivasi pada siswa dengan senantiasa memberikankeyakinan tentang manfaat bahasa Arab bagi masa depan siswa baik dalamkehidupan beragama dalam menghadapi era globalisasi.