IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR (Studi Kasus Di MA Mu’alimin NW Pancor)
Main Author: | Nurman, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Mataram
, 2017
|
Online Access: |
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/448 https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/448/193 |
Daftar Isi:
- Tujuan di adakannya penelitian ini : (1) untuk mengetahuipelaksanaan penilaian otentik dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAMu’alimin NW Pancor, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi gurumata pelajaran bahasa Arab MA Mu’alimin NW Pancor dalam penerapanauthentic assessment. (3) untuk mengetahui upaya guru bahasa Arab MAMu’alimin NW Pancor untuk mengatasi kendala-kendala yang dialami dalammenerapkan penilaian otentik.Pendekatan yang digunakan dalam melaksanakan penenelitian ini adalahpendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian studi kasus.Penelitian ini juga bisa dikatakan penelitian deskriptif yang bertujuan untukmengumpulkan data dan menguraikannya secara menyeluruh danteliti sesuai dengan persoalan yang akan dipecahkan. Sumber data dalampenelitian ini adalah (1) sumber data primer, yaitu kepala, wakamad, gurukhususnya guru bahasa Arab dan siswa MA Mu’alimin NW Pancor gurubahasa Arab, (2) sumber data sekunder, yaitu berupa dokumen-dokumen.Untuk dapat memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini penulismenggunakan beberapa metode, yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi.Data-data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptifkualitatif yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu pertama pengumpulan data.Kedua, reduksi data. Ketiga, penyajian data. Keempat, penarikan kesimpulanatau verifikasi.Ada beberapa kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini : (1)Pelaksanaan authentic assessment dalam proses pembelajaran bahasa Arab MAMu’alimin NW Pancor. Guru mata pelajaran bahasa Arab MA Mu’alimin NWPancor telah menerapkan penilaian otentik yaitu pengukuran hasil belajarpeserta didik atas tiga ranah yaitu: penilaian sikap, penilaian pengetahuandan keterampilan. Namun pelaksanaannya belum terlaksana secaramaksimal. Model-model penilaian otentik yang telah diterapkan antara lainpenilaian kinerja, wawancara lisan, penilaian diri sendiri, penilaian antarteman, pertanyaan terbuka, menulis sampel teks, menceritakan kembali teksatau cerita, pengamatan, penilaian tertulis, penilaian portofolio. Penerapanberbagai macam model penilaian otentik tersebut menunjukkan bahwa gurukreatif dalam melakukan penilaian. (2) Kendala-kendala yang dihadapi gurumata pelajaran bahasa Arab MA Mu’alimin NW Pancor dalam penerapanauthentic assessment : (a) Keterbatasan waktu, (b) Keterbatasan sarana danprasarana, (c) Kesulitan menerapkan penilaian otentik pada kompetensitertentu, (d) Kesulitan Menerapkan Model Penilaian Otentik Tertentu, (e)Peserta Didik. (3) Upaya guru bahasa Arab MA Mu’alimin NW Pancor untukMengatasi Kendala-Kendala yang Dialami Dalam Menerapkan PenilaianOtentik : (a) Melihat situasi dan kondisi sebelum melakukan penilaian,(b) Mengadakan jam tambahan, (c) Mengadakan penilaian kelompok, (d)Memberikan tugas rumah, (e) Menggunakan media yang ada, (f ) Berusahamelengkapi sarana dan prasarana sendiri, (g) Mencari sumber belajar dariberbagai literature.