Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Panas dan Perpindahannya

Main Author: Nurbandiyah, Nurbandiyah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Sastra Universitas Ekasakti , 2020
Online Access: http://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/422
http://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/422/409
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada subtema perpindahan kalor di sekitar kita dengan diterapkannya metode Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada subtema perpindahan kalor di sekitar kita dengan diterapkannya metode discovery learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga tahapan. Setiap tahapan terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 06 Timpeh. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus  sampai siklus II. Dari hasil analis didapatkan ketuntasan belajar prasiklus (35%), siklus I (70%), siklus II (100%), sedangkan hasil nilai rata-rata prasiklus (66,37), siklus I (78,45) dan siklus II (87,3). Simpulan dari penelitian ini adalah metode discovery learning dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Siswa kelas V SDN 06 Timpeh.