Upaya Mengembalikan Citra Lesehan Malioboro Ditinjau dari Aspek Bauran Pemasaran

Main Authors: Fauzan, Achmad; Universitas Amikom Yogyakarta, Purwanto, M Idris, Purwanto, Kalis, Irton, Irton
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Amikom Purwokerto , 2022
Online Access: https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/probisnis/article/view/2068
https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/probisnis/article/view/2068/691
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan citra Lesehan Malioboro dari segi bauran pemasaran. Secara khusus menguji pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pelanggan warung lesehan di Malioboro Yogyakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah marketing mix yang terdiri dari produk, layanan, lokasi dan harga sedangkan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah semua orang yang pernah menikmati makanan dan minuman di lesehan malioboro. Teknik sampling memakai accidental sampling dengan jumlah responden sejumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dengan menggunakan analisis regresi berganda terbukti bahwa variabel pelayanan dan tempat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel produk dan harga berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah tempat. Variabel yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah produk dan harga. Dari analisis item pertanyaan produk dan harga terungkap bahwa citra Lesehan Maliboro rusak karena variabel tersebut. Pembinaan dan sosialisasi pemerintah di Yogyakarta perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas makanan dan transparansi harga makanan sehingga akan mengembalikan citra lesehan Malioboro sebagai ikon pariwisata Yogyakarta.