EKSISTENSI KITAB KUNING DALAM KURIKULUM MADRASAH AL QISMUL ALI AL JAM’IYATUL WASHLIYAH JALAN ISMAILIYAH MEDAN TAHUN 1955-2015

Main Author: Abidin, Zainal
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan , 2017
Online Access: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/842
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/842/633
Daftar Isi:
  • Abstarak: This study aims to reveal how the existence of the kitab kuning in the curriculum of MadrasaAl Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah of Medan in 1955-2015. There are three questionsraised in this research: Firstly, what is the background of the existence of the kitab kuning in thecurriculum of Madrasa Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah of Medan?; Second, howis the proportion of kitab kuning in education in Madrasa Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah JalanIsmailiyah of Medan?; Third, How is the implication of kitab kuning in Madrasa Al Qismul Ali AlJam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah of Medan? The method used in this study is the historical method,which is analyzing critically the historical sources (written or other) and write down the results based onfacts that have been obtained, hereinafter referred to as historiography. The process of data collection isdone by using documentation study, observation, literature and interview.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaima eksistensi kitab kuning dalam kurikulumMadrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah Medan tahun 1955-2015. Ada tigapertanyaan yang dikemukakan dalam penelitian ini: Pertama, Bagaimana latar belakang keberadaankitab kuning dalam kurikulum Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan IsmailiyahMedan?; Kedua, Bagaimana perkembangan proporsi kitab kuning dalam pendidikan di Madrasah AlQismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah Medan?; Ketiga, Bagaimana implikasi kitabkuning di Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah Medan? Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yakni menganalisis secara kritis sumbersumbersejarah (tertulis atau lainnya) dan menuliskan hasilnya berdasarkan fakta yang telah diperoleh,selanjutnya disebut dengan historiografi. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknikstudi dokumentasi, observasi, literatur dan wawancara.Kata Kunci: Eksistensi Kitab Kuning, Kurikulum Madrasah