PENGARUH MODEL PEMBIMBINGAN KAEDAH DAN AKTIFITAS SANTRI MENGHAFAL ALQURAN TERHADAP TAHFIZ ALQURAN DI MADRASAH HIFZIL QURAN YAYASAN ISLAMIC CENTRE MEDAN
Main Author: | Nasution, Zulkifli |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/view/6916 http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/view/6916/3105 |
Daftar Isi:
- Madrasah Hifzil Quran YayasanIslamic Centre Medan pada kelas eksperimen dengan taraf signifikansi 5% diperolehkoefisien korelasi (r) sebesar 0,622 dan tabelr sebesar 0,514. Karena nilai hitung r> tabelr atau 0,622 > 0,514 maka korelasi tersebut signifikan. Sedangkan hitung model pembimbingan kaedah dan aktifitas santri menghafal Alquran pada kelas kontrol memiliki pengaruh yang signifikan dan berarti terhadap tahfiz Alquran di Madrasah Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,609 dan tabelr sebesar 0,514. Karena nilai r hitung > tabelr hitungatau 0,609 > 0,514 maka korelasi signifikan. Dengan demikian, pengaruh antara model pembimbingan kaedah dan aktifitas santri menghafal Alquran terhadap tahfiz Alquran di Madrasah Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan pada kelas eksperimen lebih besar daripada pengaruh antara model pembimbingan kaedah dan aktifitas santri menghafal Alquran terhadap tahfiz Alquran di Madrasah Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan pada kelas control atau 0,622 > 0,609.