EKSISTENSI MEDIASI PERBANKAN SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA DI LUAR PENGADILAN

Main Authors: Fatmawati, Fatmawati, Soraya, Ines Surya, Rizkika, Kinanti
Other Authors: Bagian Perdata Fakultas Hukum UNS
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Hukum UNS , 2013
Online Access: http://jurnal.hukum.uns.ac.id/index.php/privatlaw/article/view/317
Daftar Isi:
  • AbstrakUndang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, menyebutkan bahwa kedudukannasabah bank merupakan konsumen yang harus memperoleh perlindungan hukum. Ketika hubunganhukum antara bank dan nasabah mulai tercipta, maka sejak itu terbuka kemungkinan sengketa antarpara pihak. BI sebagai Bank sentral Indonesia memberikan alternatif untuk menyelesaikan sengketaantara bank dengan nasabah diluar jalur pengadilan dengan membentuk Lembaga mediasi perbankan.Kajian ini bertujuan mengetahui (1) penyelesaian sengketa di luar pengadilan melalui proses mediasi,(2) problematik penyelesaian sengketa perbankan menggunakan jalur mediasi. Hasil penulisan menunjukkanbahwa dalam praktik penyelesaian sengketa melalui mediasi perbankan, terdapat banyak problematikyang ditemui antara lain aspek kelembagaan mediasi itu sendiri yang dilakukan oleh BI tanpa ada lembagakhusus yang menangani mediasi, cakupan mediasi yang terlalu tinggi, dan citra mediasi yang dinilai kurangindependen.