PENERAPAN PRINSIP ITIKAD BAIK DAN DAYA PEMBEDA DALAM PENDAFTARAN MEREK DAGANG YANG BERSIFAT KETERANGAN BARANG (DESCRIPTIVE TRADEMARK) BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK
Main Authors: | Wibowo, Ari, Hadi, Hernawan |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PRIVAT LAW II
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.hukum.uns.ac.id/index.php/PRIVATLAWII/article/view/1230 |
Daftar Isi:
- ABSTRACTThis research aims to determine arrangements and Implementation of the principle of good faith and distinctive the trademark registration that is the goods description, with legal consequences for trademark registration. This research is descriptive normative legal research that done by collecting primary and secondary materials through studying on the literature and documents. Analysis of legal materials through syllogism deduction with approach of legislation method. The results obtained of this research , that the principle of good faith and distinctiveness the trademark registration is the product description (descriptive trademark) applied at the time of the substantive examination accordance with the provosions of article 18 to Article 27 of Law No. 15 of 2001 regarding Marks.Keywords: Descriptive Trademark, Distinctiveness of a MarkABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan dan penerapan prinsip itikad baik dan daya pembeda dalam pendaftaran merek dagang yang bersifat keterangan barang (descriptive trademark). Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat deskriptif yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan hukum primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan berupa studi kepustakaan. Analisis bahan hukum melalui metode deduksi silogisme , dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan. Hasil penelitian ini, bahwa Prinsip itikad baik dan daya pembeda dalam pendaftaran merek dagang yang bersifat keterangan barang (descriptive trademark) di terapkan pada saat pemeriksaan subtantif sesuai ketentuan Pasal 18 sampai Pasal 27 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek.Kata kunci: Merek Keterangan Barang, Daya Pembeda Merek