HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LATAMBAGA KECAMATAN LATAMBAGA KABUPATEN KOLAKA

Main Authors: Luther, Lundi Hendri, Mulyani, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIRACLE JOURNAL OF PUBLIC HEALTH , 2018
Online Access: https://mjph.kesmas.stikes-mw.ac.id/index.php/home/article/view/32
https://mjph.kesmas.stikes-mw.ac.id/index.php/home/article/view/32/pdf
Daftar Isi:
  • Data Puskesmas Latambaga jumlah pengguna BPJS pada tahun 2017 sebanyak 9.725 orang. Jumlah kunjungan pengguna BPJS pada tahun 2016 sebanyak 14.472 kunjungan, sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 13.073 kunjungan, yang berarti mengalami penurunan sebanyak 10,3% yaitu 1.399 kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan Di Puskesmas Latambaga Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan rancangan analitik menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna BPJS yang berada di wilayah kerja Puskesmas Latambaga Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka pada tahun 2018 yang berjumlah 9.725 pengguna. Sedangkan jumlah sampel sebanyak 100 orang, tehnik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Chi Square. Hasil uji Chi Square menunjukkan bahwa ada hubungan bukti fisik dengan kepuasan pasien (5,626 > 3,841). Ada hubungan daya tanggap dengan kepuasan pasien (70,963 > 3,841). Tidak ada hubungan jaminan dengan kepuasan pasien (0,361 < 3.841). Ada hubungan perhatian dengan kepuasan pasien (6,349 > 3,841). Ada hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien (10,118 > 3,841). Diharapkan bagi petugas kesehatan lingkup Puskesmas Latambaga agar meningkatkan kualitas pada dimensi bukti fisik, daya tanggap, kehandalan, perhatian, dan jaminan yang di rasa kurang baik dan mempertahankan kulitas yang sudah baik. Kata kunci : Bukti fisik, Daya tanggap, Jaminan, perhatian, Kehandalan, Kepuasan pasien, Puskesmas Latambaga