Kemampuan Menulis Kalimat melalui Learning Contracts Method bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis

Main Authors: Rizka, Miftahur, Sopandi, Asep Ahmad, Ardisal, Ardisal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang , 2019
Online Access: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/94
http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/94/52
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak berkesulitan belajar X yang belum dapat menulis kalimat berpola SPOK yang peneliti temukan di SD N 02 Cupak Tangah. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak berkesulitan belajar X dalam menulis kalimat berpola SPOK melalui learning contracts method. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A1-B-A2. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pada kondisi  A1 (baseline) diperoleh data frekuensi kalimat yang dituliskan dengan benar masih rendah, pada kondisi B (intervensi) diperoleh data frekuensi kalimat yang dituliskan dengan benar meningkat dari pada kemampuan awal, dan pada kondisi A2 (baseline) diperoleh data frekuensi kalimat berpola SPOK yang ditulis dengan benar meningkat. Berdasarkan data tersebut, menunjukan bahwa kemampuan kemampuan menulis kalimat berpola SPOK anak berkesulitan belajar X dapat meningkat melalui learning contracts method.