The Implementation of Daily Living Skill of Washing Clothes to Client with Visual Impairment in Preparatory Class at PSBN Tuah Sakato Padang
Main Authors: | Lubis, Ridoan, Damri, Damri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
, 2019
|
Online Access: |
http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/521 http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/521/61 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan keterampilan kehidupan sehari-hari dalam mencuci pakaian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk persiapan, pelaksanaan serta evaluasi hasil belajar kelayan gangguan penglihatan di kelas persiapan PSBN Tuah Sakato Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas persiapan PSBN Tuah Sakato Padang. Subjek penelitian yaitu instruktur keterampilan kehidupan sehari-hari dan kelayan gangguan penglihatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan keterampilan kehidupan sehari-hari dalam mencuci pakaian dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan serta sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaannya, instruktur menggunakan silabus yang berpedoman kepada buku panduan KKS untuk menentukan tujuan, materi, metode serta media yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kelayan gangguan penglihatan dengan menggunakan pendekatan individual. Hasill evaluasi dilakukan setelah proses pembelajaran. Alat evaluasi yang digunakan adalah non tes dan tes, namun pada penilaiannya instruktur menggunakan non tes yaitu dengan meilhat hasil cucian kelayan, penggunaan evaluasi non tes dikarenakan waktu yang terbatas. Penilaiannya dilakukan baik pada saat proses pembelajaran ataupun diluar proses pembelajaran.
- Abstract The purpose of this research is to knowing and to describing preparation, implementation, and evaluation of study result of client with visual impairment in preparation class at PSBN Tuah Sakato Padang. This research is using descriptive methods with qualitative approach which is conducted in preparation class at PSBN Tuah Sakato Padang. The subject of the research is the instructor of daily life skill and client with visual impairment. The technique that used for collecting data is observation, interview, and documentation.The validity of data is tested with credibility tes of triangulation technique. The result of this research shows that preparation of daily living skill of client with visual impairment in washing clothesis done by preparing tools and materials and facilities and infrastructure that support these activities. To be implementation, the instructor uses the syllabus that is guide by KKS guidebook to determine the goals, matreials, methods, and media which is adjusted client with visual impairment skill and condition with individual approach. The result of evaluation was done after the learning procces. The tools of evaluation that used were non test and test, but in the assessment, the instructor used non-test by sawing the washing result of the client with visual impairment. Non-test evaluation was used due to limitted time. The assessment was done in learning procces or out of learning procces.