Efektivitas Metode Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Anak Berkesulitan Belajar

Main Authors: Safaruddin, Safaruddin, Nurhastuti, Nurhastuti, Fatmawati, Fatmawati, Silitonga, Elisa Cristina, Z, Martias
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang , 2018
Online Access: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/315
http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/315/33
Daftar Isi:
  • Artikel ini bertujuan untuk membahas efektivitas keterampilan membaca pemahaman untuk anak berkesulitan belajar. Melalui metode survey, question, read, recite, reflect, review (SQ4R) anak dilatih pemahaman membaca dengan langkah-langkah untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh. The type of research that researchers use is experimental method with pre-experimental design with one group pretest-posttest design. Implementation in this study using Mann Whitney test. Berdasarkan hasil yang didapat menyatakan bahwa SQ4R secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman untuk anak berkesulitan belajar.