Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Multimedia Interaktif bagi Anak Disleksia

Main Authors: Sabri, Aidha, Zulmiyetri, Zulmiyetri, Damri, Damri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang , 2018
Online Access: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/142
http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/142/25
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK dengan menggunakan multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A1-B-A2. Kondisi baseline (A1) untuk meningkatkan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK dengan mean level 5. Pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 9,5. Kondisi baseline (A2) dengan mean level 14. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukan peningkatan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK secara positif. Overlap data pada analisis antar kondisi pada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) dalam meningkatkan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK 0% dan overlap data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) meningkatkan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK 0%. Analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca kata berpola KV-KVK anak disleksia X dapat meningkat melalui multimedia interaktif.